Pemrograman
1.
Dasar Teori
a.
Dasar Teori
Algoritma
Algoritma adalah
suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan
performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari
implementasi algoritma tersebut. Masalah timbul pada saat akan menuangkan
bagaimana proses yang harus dilalui dalam suatu/sebuah sistem (program) bagi
komputer sehingga pada saat eksekusinya, komputer dapat bekerja seperti yang
diharapkan. Programer komputer akan lebih nyaman menuangkan prosedur
komputasinya atau urutan langkah proses dengan terlebih dahulu membuat gambaran
(diagram alur) diatas kertas
b.
Dasar Teori
Pemrograman
Pemrograman
adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode
yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa
pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang
dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si
pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan
keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus,
pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman
adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling
berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi
sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya
pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma
pemrograman.
Apakah
memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama
diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut,
agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (run
time), atau memori.
c.
Pengertian
Flowchart
Flowchart
merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan
aliran algoritma atau proses yang menampilkan
langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan
menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram
ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah
yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut. Tujuan
utama penggunaan flowchart adalah untuk menyederhanakan rangkaian proses atau
prosedur untuk memudahkan pemahaman pengguna terhadap informasi tersebut
d.
Pengertian
Psoudecode
Pseudocode
adalah bentuk penulisan algoritma yang menggunakan struktur bahasa pemrograman
sederhana. Walaupun pseudocode memakai struktur bahasa pemrograman, pseudocode
tidak mengikuti aturan penulisan bahasa pemrograman manapun. Karena pseudocode
dituliskan hanya untuk mempermudah seseorang memahami sebuah algoritma. Dengan
begitu, pseudocode hanyalah menyerupai kode program saja, dan tidak bisa
dimengerti langsung oleh komputer. Pseudocode baru bisa diolah oleh komputer
jika telah mengikuti aturan penulisan sebuah bahasa pemrograman. (Bisa bahasa C,
Java, Pascal, dan lain-lain.
e.
Pegertian Bahasa
Pemrograman
Bahasa
pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah
teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman
ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai
untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang
programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh
komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa
secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Misalkan seperti
C++ , Java , Pascal , dan lain-lain.
Risma Rizky Ramadhani (135623048)
BalasHapus